Sunday 22 July 2012




v  Domain
Domain name atau alamat website itu adalah sebuah penamaan yang ditujukan untuk merubah nama fisikal server yang pada dasarnya adalah terdiri dari angka-angka yang disebut ip address. Setiap server hosting mempunyai ip address nah supaya anda lebih mudah mengingat maka digunakanlah domain sebagai nama pengganti ip address.
domain juga dapat dikatakan sebagai sebuah  nama unik / alamat untuk website anda, domain merupakan nama yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Jadi apabila seseorang ingin melihat file-file HTML milik saya maka mereka cukup menulis http://bagi-bagipulsa.blogspot.com pada browser maka otomatis website saya akan muncul. Karena domain.
apabila seseorang mengklik domain anda kemudian bagaimana caranya agar dokumen HTML yang ada pada komputer anda bisa ditampilkan? Dokumen-dokumen HTML pada komputer anda harus disimpan ditempat lain, jangan di komputer anda. Anda harus menyewa tempat diperusahaan Hosting untuk menyimpan dokumen anda. Jadi hosting merupakan tempat untuk menyimpan dokumen HTML anda. Biasanya perusahaan yang menjual hosting juga menjual domain jadi anda membeli domain sekaligus menyewa hosting untuk menyimpan file HTML anda. Pembayaran hosting biasanya bulanan.
v Hosting?
Web Hosting atau Hosting adalah jasa penyewaan tempat untuk peyimpanan data secara online atau dapat dikatakan hosting itu hardisk online dimana secara fisikal adalah sebuah server keadaan nyala dalam waktu 24 jam non stop. Adapun hosting biasanya dijual per paket-paket 
Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) di gunakan untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.
Pengertian Hosting dapat diibaratkan sebagai contoh berikut; sebuah website diibaratkan sama dengan kios / ruangan di Mall.
Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang-orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya dapat berbeda, dekorasinya berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 10m x 7m) dan maksimum adalah besarnya gedung Mall tersebut.
Perusahaan Hosting seperti IdeBagus menyediakan hardware, jaringan (infrastruktur), email (telepon), dan sebagainya agar anda dapat membuka/membuat website. Server (gedung Mall) kami dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing pelanggan mempunyai batas penggunaan diskspace (batasan ruangan) dan tentu saja setiap pelanggan mengoperasikan websitenya masing-masing.

No comments:

Post a Comment